• Home
  • Posts RSS
  • Comments RSS
  • Edit
  • Sekilas Tentang "Lembah Para Penghafal Al-Qur'an"

    Saturday, July 16, 2011

    Pesantren Lembaga Kaderisasi Imam dan Dai (eLKID) Kuta merupakan salah satu pondok pesantren yang mengkhususkan diri di bidang pengkaderan dan pembentukan imam shalat serta juru dakwah. Pesantren ini dididirikan oleh sejumlah pemuda yang prihatin terhadap kelangkaan kader imam dan dai yang dapat menjawab tantangan zaman.

    Sebagai lembaga kader, Pesantren LKID Kuta fokus pada pengembangan kemampuan santri dalam memenuhi seluruh kualifikasi seorang imam dan dai yang bermutu tinggi. Di antaranya, setiap santri diwajibkan memiliki bacaan al-Qur'an yang lancar, enak didengar dan menyejukkan (murattal mujawwad).

    Setiap santri juga diwajibkan memiliki hafalan al-Qur'an di luar kepala, diikuti pemahaman dan penjiwaan ayat-ayatnya secara baik dan benar. Dengan bekal demikian, setiap santri senantiasa siap terjun ke tengah-tengah masyarakat sebagai imam dan juru dakwah yang mumpuni dan berdedikasi.

    Pendidikan di Pesantren LKID Kuta berlangsung selama dua tahun. Itu sudah termasuk masa penghafalan al-Qur'an sebanyak 30 juz. Karena itu, untuk memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, para santri Pesantren LKID Kuta diseleksi secara ketat dari para calon yang berasal dari para siswa Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren.

    Selama masa pendidikan dan pengkaderan, seluruh biaya santri ditanggung melalui beasiswa yang disediakan atau diupayakan oleh para pengelola. Dengan demikian diharapkan seluruh santri mencurahkan perhatian pada cita-cita dan visi menjadi kader terbaik sebagai imam dan juru dakwah bagi kaum Muslimin.

    Pondok Pesantren LKID Kuta dikelola dan berada di bawah naungan Yayasan Wadi Mubarak. Seluruh manajemen, pengembangan dan pembiayaan pesantren ditanggung dan diupayakan oleh Yayasan ini melalui berbagai usaha dan kerjasama. Alhamdulillah, hingga saat ini Allah Swt memberikan banyak kemudahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren LKID Kuta.

    Pondok Pesantren LKID Kuta terletak di areal tujuh hektar di Rt/Rw 01/01, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung Puncak, Bogor, Jawa Barat. Anda dapat mencapai lokasi pesantren ini dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jaraknya dari terminal Kota Bogor ke arah Puncak sekitar 20 km. Dari Jalan Raya Puncak, lokasi pesantren berada di dalam sekitar dua kilometer lagi.

    1 komentar:

    1. Cake and Anymore said...:

      kl kesana naik angkot apa ya yg jelasnya? tlg info yaa trmksh ^_^