• Home
  • Posts RSS
  • Comments RSS
  • Edit
  • Arab Saudi Larang Penggunaan iPhone dan Galaxy Tab

    Wednesday, July 20, 2011

    CYBER SABILI-RIYADH: Departemen Dalam Negeri Arab Saudi mengeluarkan perintah pelarangan penggunaan alat iPhone, Galaxy Tab dan semua jenis komputer tangan di kantor-kantor keamanan.

    Larangan yang berlaku kemarin(17/7) sudah dilaksanakan karena peralatan ini mudah digunakan untuk mengacau sistem keamanan, lapor koran harian berbahasa Arab, Assharq Alawsat yang dikutip koran Saudi Gazette.

    Atas sebab itu, dua peralatan itu dianggap oleh pakar keamanan sebagai ancaman rahasia pribadi termasuk terhadap organisasi keamanan.

    Oleh itu, siapa yang mau masuk kantor keamanan Arab Saudi tidak bisa membawa masuk peralatan itu jika mau masuk daerah tersebut.

    “Setiap organisasi harus memiliki kriteria sendiri untuk mengatur peralatan yang bisa dan tidak bisa dibawa serta harus sesuai dengan kebutuhan keamanan,” kata sumber yang memiliki keahlian dalam teknologi informasi (IT).

    Sumber itu juga menambahkan, organisasi keamanan terpaksa memutuskan hal ini setelah adanya risiko alat itu terhadap keamanan mereka.

    Arab Saudi bukanlah negara pertama yang melarang penggunaan peralatan itu di dalam gedung keamanan karena Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa melakukan hal sama termasuk larangan peralatan portabel seperti kartu menyimpan data.

    Peralatan layanan iPhone diluncurkan di Arab Saudi pada Februari 2009. Fitur-fitur terbaru yang kreatif menggunakan teknik berbagai jenis video di mana dua kamera bisa secara otomatis dapat merekam kedua pihak yang sedang berbicara secara langsung.

    Alat iPhone terbaru memiliki sedikitnya dua kamera menghadap arah berlawanan, masing-masing mampu menerima video secara bersamaan.(Ag/Bh/Yd)

    0 komentar: